YUK SAMA-SAMA BELAJAR BAGAIMANA CARA MENCEGAH KANKER SERVIKS!

5 Langkah Penting untuk Mencegah Kanker Serviks

Sumber gambar hellosehat.com

Cara mencegah kanker serviks – perkembangan dunia kesehatan nampaknya sudah memasuki tahap yang cukup menggembirakan. Betapa tidak, setelah sekian lama kita menunggu kedatangan obat atau upaya pencegahan kanker, akhirnya, belakangan, kita sudah bisa melakukannya. 

Ya, mencegah kanker sendiri bukan perkara yang mudah. Bagaimana tidak, kanker sendiri adalah penyakit yang belum diketahui penyebabnya. Bisa dibilang penyebab kanker masih random, masih acak. Oleh karennya, pencegahannya pun hanya dilakukan dengan cara-cara global, general. Sebut saja dengan melakukan pola hidup sehat dan menghindari perilaku beresiko. 

Namun demikian, pencegahan kanker, khususnya kanker serviks, sudah memasuki titik terang. Anda sudah bisa mengetahui apa saja cara yang bisa digunakan untuk mencegah kanker jenis ini. 

Lantas, apa saja cara yang dimaksud? Bagaimana penerapan cara mencegah kanker serviks tersebut? Untuk mengetahuinya, yuk simak pembahasan berikut ini. 

HINDARI PERILAKU SEKS BERESIKO – CARA MENCEGAH KANKER SERVIKS 

Dikutip dari hellosehat.com, sebagian besar penderita kanker serviks adalah mereka yang terinveksi HPV. Mereka yang tertular HPV memiliki kencederungan menderita kanker serviks. 

Benar, HPV sendiri bisa ditangi dengan melakukan vaksin. Tapi tetap saja, jika Anda melakukan hubungan badan yang beresiko, vaksin seperti apapun tetap kurang efektif.

Oleh karena  itu, hal paling awal yang harus dilakukan adalah dengan menghindarkan diri dari perilaku seksual berbahaya. Semakin Anda menghindarkan diri dari hal tersebut, semakin mungkin Anda terhindar dari resiko kanker serviks. 

HINDARI MEROKOK DAN ASAP ROKOK – CARA MENCEGAH KANKER SERVIKS 

Dikutip dari alodokter.com, asap rokok adalah satu dari sekian penyebab dari pertumbuhan sel kanker. Sederhananya, dalam rokok sendiri tergantung zat kimia yang dapat menumbuhkan sel ganas tersebut. Semakin Anda terpapar asap rokok, semakin besar kecenderungan terkena kanker. 

Oleh karena itu, salah satu opsi agar Anda tidak terkena kanker ada dengan menghindari rokok ataupun asapnya. 

MENJAGA KEBERSIHAN VAGINA – CARA MENCEGAH KANKER SERVIKS 

Menjaga kebersihan vagina juga jadi salah satu hal yang harus diperhatikan. Dengan kualitas vagina yang selalu bersih, minimal Anda akan terhindar dari berbagai hal buruk, mungkin salah satunya kanker serviks. 

Anda bisa membersihkan vagina secara rutin dengan cairan antiseptik. Cara ini akan membuat vagina Anda lebih bersih dan terbebas dari hal berbahaya.

MELAKUKAN PEMERIKSAAN PAP SMEAR – CARA MENCEGAH KANKER SERVIKS 

Pap smear adalah salah satu cara terbaik untuk mencegah pertumbuhan sel kanker pada mulut rahim. Cara ini bisa dilakukan oleh lembaga medis yang profesional. Cara ini akan memudahkan kalian menemukan yang berbahaya, yang dapat merusak kesehatan mulut rahim Anda. 

Bahkan, dikatakan dalam hellosehat.com, orang yang rajin melakukan tes Pap Smear memiliki kencenderungan bebas kanker yang lebih besar. 

Ini bukan tanpa alasan. Pap Smear yang mampu mendeteksi sel kanker akan sangat efektif menjadi warning dan peringatan. Saat sel ditemukan, Anda bisa langsung melakukan kontrol dan penanganan seawal mungkin. 

Nah, itulah tadi beberapa cara mencegah kanker serviks. Cara-cara di atas tentu bukanlah yang terakhir. Anda bisa melakukan cara-cara lain untuk mencegah kanker jenis ini. Semakin banyak cara yang dilakukan, semakin besar peluang Anda untuk terbebas dari kanker serviks. 

Namun demikian, melakukan cara yang dimaksud di sini tidak boleh hanya dilakukan sekali, tapi harus berkali-kali. 

Ya, melakukan pencegahan memang sangat baik dilakukan berulang-ulang. Dengan diulangnya pencegahan, peluang Anda untuk terbebas dari kanker akan semakin besar. Hal itu jelas baik untuk Anda. 

Leave a reply

You may use these HTML tags and attributes: <a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <s> <strike> <strong>